Ajaib ! Inilah Manfaat Besar Menangis Untuk Kesehatan

Manusia adalah satu-satunya makhluk di dunia yang bisa mengeluarkan air mata karena faktor emosional

Mulai dari bayi yang menangis karena lapar atau merasa tidak nyaman, hingga orang dewasa yang menangis untuk melepaskan emosi dan tekanan yang dia rasakan.

Seiring bertambahnya usia, seseorang bisa saja menghadapi lebih banyak tekanan, bisa dari pekerjaan, kehidupan, keluarga, kesehatan ataupun masalah cinta.

Kadang-kadang ketika kesedihan mencapai tingkat tertentu, menangis tidak bisa dihindari.

Apakah ada manfaat fisik atau kesehatan dari menangis? konselor psikologis Li Jin dari Pusat Layanan Psikologis Yang Guang Hua Ren mengatakan, jawabannya adalah "Ya".

"Menangis adalah salah satu mekanisme yang digunakan manusia untuk menyingkirkan beberapa racun, menghilangkan produk-produk limbah atau zat beracun dari tubuh. Itu sebabnya, banyak orang merasa lebih baik setelah menangis."

Komponen kimia dari air mata jauh lebih rumit dari yang dibayangkan. Li Jin bahkan pernah terlibat dalam sebuah percobaan menarik yang dilakukan bersama para ilmuwan Amerika.

Mereka mengumpulkan beberapa relawan untuk menonton film sedih, dan kemudian mengumpulkan air mata mereka. Kemudian relawan tersebut diajak untuk memotong bawang untuk menghasilkan air mata. Analisis kimia kemudian menunjukkan bahwa air mata yang dikumpulkan saat mengupas bawang sangat berbeda dengan air mata yang keluar saat menonton film sedih.

Beberapa orang mungkin berpikir bahwa menangis hanyalah tanda dari hilangnya kontrol atau tanda kelemahan. Tapi sebenarnya, menangis adalah bentuk dari pelepasan stress.

Li Jin menjelaskan bahwa sebagian besar orang menangis saat menjalani konseling psikologis. Mereka umunya adalah perempuan dari latar belakang pekerja, dengan pekerjaan yang sangat menuntut.dan membutuhkan banyak tanggung jawab, serta mereka yang memiliki ketidakpuasan dalam hubungan cinta, dan seringkali merasa salah dipahami oleh orang lain.

Itu semua bisa berubah menjadi stress, jadi saran Li Jin adalah untuk tidak menahan keinginan untuk menangis, selama anda berada di lingkungan pribadi.

"Ketika Anda merasakan tekanan, frustasi, kesedihan atau kemarahan dan setiap emosi negatif lainnya. Anda harus mengambil langkah-langkah efektif untuk melepaskan mereka. karena stress membawa dampak yang buruk untuk kesehatan otak, jantung dan organ lainnya. Menangis adalah hal yang alami dan sehat, sehingga sebaiknya jangan pernah menunggu sampai kesedihan anda berubah menjadi depresi."

Li Jin menambahkan bahwa menangis adalah salah satu cara untuk melepaskan tekanan, selain banyak cara alternatif lainnya yang dapat digunakan untuk mengurangi tingkat stress anda, yang bermanfaat besar untuk mempertahankan keadaan psikologis yang stabil, percaya diri dan sehat.

Silahkan Baca Juga :