Tips Mengatasi Cemburu Sekaligus Mengeratkan Hubungan

Rasa cemburu bukanlah suatu hal yang buruk. Saya, Anda, siapapun kita sangat mungkin pernah mengalaminya, dan itu merupakan perasaan normal yang sangat mungkin kita rasakan terhadap seseorang yang terasa berarti bagi kita, bisa kepada seorang teman, pacar, ataupun terhadap suami atau istri.

Yang menjadikan rasa cemburu menjadi sebuah masalah adalah saat tingkat rasa cemburu yang kita rasakan menjadi berlebih, bahkan sangat mungkin masuk kedalam kategori cemburu yang tidak beralasan.

Apakah saat ini anda sedang mengalaminya ?

Jika ya, ada baiknya mari kita bicarakan mengenai rasa cemburu tersebut di artikel kali ini.

Mengatasi Rasa Cemburu

Yang pertama kali kita bahas adalah rasa cemburu dalam sebuah hubungan pertemanan, dan hal tersebut sangat umum terjadi.

Yang sering menjadi penyebabnya adalah rasa takut kita akan kehilangan seorang teman, atau rasa khawatir jika posisi kita tergantikan oleh seseorang yang baru.

Tidak ada yang salah tentunya, apalagi jika kita telah menjalin pertemanan dalam waktu yang dapat dikatakan cukup lama.

Namun, mengapa tidak kita tanyakan saja pada diri kita sendiri, sebagai seorang teman, akankah kita bisa menggantikan posisi teman yang kita cemburui tersebut dengan orang lain ?

Ataukah, kita bisa dengan mudahnya melupakan teman kita tersebut ?

Tentunya tidak bukan ? dan kenapa hal tersebut tidak mungkin juga dirasakan oleh sahabat anda ?

Tidak ada orang yang kehilangan teman hanya karena mencoba mengenali dan lebih dekat dengan banyak orang, justru menutup diri dari pergaulan membuat kita melewatkan kesempatan untuk mendapatkan teman baru, kenalan baru, orang-orang baru yang sangat mungkin akan sangat terasa berharga di cerita kehidupan kita.

Percayalah, setiap orang memiliki kepribadian yang dapat dikatakan unik, yang sangat sulit untuk tergantikan.

Cemburu Bisa Menjadi Awal Romantisme

Selanjutnya kita beralih ke rasa cemburu dalam sebuah hubungan cinta. Rasanya sangat mungkin sama seperti cemburu dalam hubungan pertemanan, namun dalam level yang lebih tinggi

Saat kita memutuskan untuk mengikat diri dengan seseorang dalam sebuah hubungan cinta, kita sangat mungkin untuk berkomitmen banyak hal demi hubungan tersebut, salah satunya adalah meluangkan banyak waktu untuk kebersamaan.

Dan rasa cemburu akan sangat mungkin muncul jika kita merasakan ada seseorang yang hadir mengambil sebagian kecil atau besar dari waktu kebersamaan tersebut.

Hal tersebut merupakan hal yang rumit, yang tentu saja tidak bisa saya nilai secara pribadi benar atau salahnya, karena saya tidak berada di posisi anda, yang mengalaminya.

Namun, taukah anda jika tingkat rasa cemburu berbanding terbalik dengan tingkat rasa percaya anda ?

Ya, semakin tinggi tingkat kecemburuan anda, berarti semakin rendah rasa percaya anda terhadap pasangan anda tersebut.

Hal tersebut tentunya akan terasa mengecewakan bagi pasangan anda, termasuk jika posisi nya terbalik, anda yang dicemburui, dan anda merasa rasa cemburu pasangan anda tersebut adalah rasa cemburu tanpa alasan yang jelas.

Jadi sekali lagi, berfikir positif bisa menjadi penyembuh rasa cemburu yang terbaik

Lalu, mengapa rasa cemburu tersebut tetap kita rasakan walaupun kita sudah mencoba untuk berpikir lebih positif ?

Mengeratkan Hubungan Dimulai Dari Rasa Cemburu

Penyebabnya mungkin saja karena kita melupakan satu hal penting yang merupakan sebuah dasar paling utama dalam sebuah hubungan, yaitu komunikasi.

Seringkali kita tidak merasa nyaman dengan apa yang dilakukan oleh seseorang, namun enggan untuk membicarakannya secara baik-baik.

Padahal, tidak ada masalah yang bisa diselesaikan tanpa adanya komunikasi.

Jadi, jika saat ini anda merasa cemburu, yuk ajak orang terdekat anda tersebut untuk berbicara, jujurlah akan apa yang anda rasakan.

Percayalah, seperti yang saya tulis di awal artikel ini, tidak ada yang salah dengan rasa cemburu, karena mencemburui seseorang merupakan tanda jika seseorang tersebut sangat berarti bagi anda, jadi jangan ragu, katakan saja "Saya Cemburu" dan bicarakan dengannya, sangat mungkin setelah nya anda akan menemukan solusi untuk mengatasi rasa cemburu yang anda rasakan tersebut ataupun menemukan fakta bahwa kecemburuan anda tersebut tidak beralasan, semoga bermanfaat.

Silahkan Baca Juga :