Cara Membuat Ramuan Kunyit Untuk Memperlancar Haid

Ga nyaman kan rasanya kalau memiliki siklus haid yang kurang teratur ? Apalagi jika disertai rasa nyeri menstruasi yang pastinya bisa membuat sista merasa tidak nyaman, bahkan menderita.

Normalnya, setiap perempuan akan mengalami menstruasi setiap bulannya, kecuali pada masa hamil dan menopause.

Masa dari satu menstruasi ke menstruasi berikutnya, atau dikenal dengan nama siklus haid, pada setiap perempuan berbeda-beda, namun umumnya antara 28 sampai 40 hari.

Ada perempuan yang memiliki siklus haid tetap, artinya lama siklus haid setiap bulannya hampir sama, dan ada juga yang memiliki siklus haid kurang teratur.

Inilah yang kemudian menjadi masalah, saat datangnya haid kadang lebih lama, dan mungkin disertai rasa nyeri dan ketidaknyamanan, serta tidak normalnya volume haid, dimana darah haid yang keluar menjadi lebih sedikit atau lebih banyak

Sebenarnya, ada banyak obat-obatan medis yang dikenal mampu memperlancar datangnya haid, namun di artikel kali ini, rasanya tidak ada salahnya jika kita mengenal salah satu ramuan tradisional yang dipercaya sejak jaman nenek moyang kita, mampu memperlancar datangnya menstruasi.

Ya, kita akan memanfaatkan khasiat yang terkandung di dalam kunyit, lebih tepatnya kandungan curcuminoid yang terdapat di dalam kunyit yang dikenal memiliki khasiat besar untuk menghaluskan kulit, membantu membuat tubuh langsing ideal, dan membantu melancarkan haid atau menstruasi.

Membuat Ramuan Kunyit Untuk Memperlancar Haid

Ada 2 jenis ramuan kunyit yang dipercaya berkhasiat melancarkan haid, yaitu ramuan kunyit asam dan kunyit madu
  • Cara Membuat Ramuan Kunyit Asam

  • Untuk membuat ramuan kunyit asam, sista membutuhkan kunyit, gula jawa, asam jawa, dan sedikit garam dapur.

    Cara membuatnya, pertama-tama parut atau blender beberapa potong kunyit hingga dirasa cukup halus, kemudian peras parutan atau hasil blender kunyit tersebut untuk sista ambil air perasannya saja.

    Air perasan kunyit tersebut kemudian sista rebus bersama asam dan gula jawa, serta sedikit garam.

    Setelah mendidih, angkat dan biarkan air rebusan tersebut menjadi dingin sebelum diminum.

    Gunakan ramuan kunyit asam tersebut pada 3 hari sebelum diperkirakan datangnya waktu menstruasi.

  • Cara Membuat Ramuan Kunyit Madu

  • Sama seperti ramuan kunyit asam, sista terlebih dahulu harus menghaluskan beberapa potong kunyit dengan cara di parut atau di blender.

    Bedanya, untuk ramuan kunyit madu, kunyit yang telah dihaluskan tersebut cukup sista seduh di dalam gelas menggunakan air panas.

    Tambahkan madu secukupnya dan aduk hingga kedua bahan tercampur sebelum diminum
Bagaimana ? mudah bukan membuat ramuan kunyit untuk memperlancar haid ?

Setelah membaca artikel ini, saya yakin sista bisa membuat sendiri ramuan kunyit di rumah mengikuti cara yang sudah saya tulis di atas. Selamat mencoba ya, dan semoga bermanfaat.

Silahkan Baca Juga :